Senin, 30 Januari 2012

Journey #3: TIDUNG Tralala...Dubidubidam...Dam...Dam

“Mulai sekarang jembatan ini kita namakan...Jembatan Keberanian”
(Kamis, 19 Januari 2012)

Pagi hari sekaligus menjadi hari kedua di pulau Tidung ternyata dingin banget, anginnya semilir bikin merinding kalau kelamaan duduk di luar. Tapi tetep harus bangun soalnya harus menjalankan kebutuhan kita sebagai umat muslim yang taat, sholat shubuh. Usai sholat shubuh perut kami mulai berdangdutan, godzilla di perut juga mulai berontak meminta jatah makanan maka kami putuskan pagi itu untuk memasak. Hmmm...masak mie campur sawi plus jagung manis bakalan jadi menu sarapan kita pagi itu, agak aneh memang tapi rasanya luar biasa banget apalagi menyantapnya di pinggir pantai. Melihat pemandangan indah pantai di sekitar pulau Tidung sambil sarapan bersama emang jadi moment paling berkesan kala itu, terlebih makanannya dicampur pake air laut (lagi). Nggak masalah makanannya apa atau gimana yang penting ngumpul dan tertawa dan tak lupa juga...mengabadikan setiap momentnya dalam jepretan kamera!
This is it....Mie Jagung Manis Air Laut!!!
Sarapan di pinggir Pantai....
Berbagi Makanan :)
Cuci...Cuci...Cuci...
Rasanya itu yaa...kayak ngebelah langit berlapis-lapis, terbang bareng paus akrobatis menuju rasi bintang paliiiiiiinnnnggggg manisss (iklan G**DD*Y). Usai sarapan langsung cabut buat jalan-jalan ke Tidung kecil, melewati jembatan cinta untuk yang kedua kalinya. Tidung kecil yang nggak begitu jauh dari Tidung besar itu ternyata penghuninya yang berupa orang Cuma dikit tapi penghuninya yang berupa nyamuk alamaaaakkk...berjibun! Banyak banget....
Puas jalan-jalan ke Tidung kecil, kami memutuskan kembali ke basecamp buat persiapan snorkling, horeeeeee....snorkling (padahal nggak bisa renang, sok-sokan mau snorkling). Tapi kapan lagi bisa snorkling kayak gini kalau nggak di Tidung? Udah jauh-jauh kesana kalau nggak liat keindahan bawah lautnya itu....percuma! jadi kalau kesana wajib nyoba snorkling, liat-liat ikan warna-warni. Dan ternyata murah loh...Cuma 35 ribu aja kok dan itu sepuasnya, bandingin aja kalo ke Bali...50 ribu cuuuyyyy dan waktunya dibatasi! Okee...sebelum nyebur ke laut lebih asik kalau foto-foto dulu, tujuannya sama yaitu biar bisa dijadiin oleh-oleh temen-temen di Jogja ntar sekaligus manas-manasin mereka biar ngiri (jahat...jangan ditiru, don’t try this!). mulailah kami berenam melanglang buana ke tengah laut sambil liat-liat kehidupan di bawah sana...sumpaahh demi apapun itu indah banget!!! Rista aja nggak henti-hentinya teriak saking kagumnya, Isma dengan gaya renangnya yang kecipukan nggak karuan kakinya kemana-mana, Jarot yang udah TOP banget renangnya, Udin yang nyari-nyari ikan biru, Pras yang nemuin ular laut, dan aku...yang masih trauma kalau renang tanpa pelampung! Sediiihh tapi bahagia! Setelah puas ngasih makan ikan, akhirnya kami menyewa perahu nelayan yang kebetulan lagi ngganggur. Cukup membayar 20 ribu untuk dipake selama 2 jam, asik juga ternyata tapi mendayungnya kayaknya capek (pake kata ‘kayaknya’ soalnya yang mendayung si Isma jadi nggak tau deh rasanya kayak apaan) hahhahaa... Puas menyewa perahu, Jarot punya ide yang lebih gila lagi, “Ayo terjun dari jembatan cinta, kayaknya asik!”. Orang pertama yang menentang usulnya Jarot adalah Isma, awalnya mereka semua ragu tapi akhirnya mau juga setelah sekian lama dibujuk sama Jarot dan dijanjiin bakalan difoto, dan sayalah yang kebagian peran jadi fotografer dadakan soalnya saat itu nggak memungkinkan buat gue terjun yaudah deh...duduk manis aja sambil bawa kamera. Hahhahaa... Satu persatu dari mereka mulai terjun dari jembatan, dimulai dari Jarot dengan gagah beraninya terjun, diikuti oleh Pras yang juga keren banget terjunnya walaupun sebenarnya nahan sakit tapi nggak mau bilang, dan si Udin. Nah...pas si Udin terjun wajahnya pada awalnya datar banget saat nyampe ke bawah tapi lama-kelamaan mukanya berubah kesakitan sambil teriak kenceng banget “bokoooooonnnggggkuuuuuuuuuu....” wkwkwkkw... pantatnya kesakitan gara-gara salah posisi pas terjun, harusnya kaki duluan yang mendarat eeehhh... Udin malah bokongnya duluan yaudah deh...korban bokong! Pras yang ngeliat Udin kesakitan langsung ketawa bahagia, paling bahagia! Hahahhahaha...yang terjun selanjutnya adalah Rista yang barengan sama Jarot, tetap dengan ekspresi super histerisss!!! Dan sekarang...tinggalah Isma yang masih pegangan di tiang Jembatan dengan wajah ketakutan dan keraguan campur kegalauan antara mau lompat atau enggak! Kalau dilihat kayak orang mau bunuh diri, tiap udah mulai menghitung 1....2....3....sseeeetttt langsung pegangan tiang. Begitu terus sampe berjam-jam, yang paling capek itu aku pegangin kamera memantau dari bawah buat siap-siap njepret tapi nggak jadi-jadi lompat. Sampai-sampai tiap Isma pengen lompat selalu teriak “super sayaa empaaaattt...!!!”, nggak tau juga tuh artinya apaan mungkin semacam mantra yang didapet dari bertapa tiap hari di Gunung Kidul mungkin! Hahhahaa.. 10 minutes later... 50 minutes later.... Isma memutuskan untuk lompat dari batu yang tingginya Cuma setengah meter dan berhasil, horeeeee!!! Tapi pas kembali naik ke jembatan dan mulai lompat, endingnya nggak jadi lagi. Dan akhirnya Isma menyerah, nggak berani lompat. Dari situlah kami menobatkan jembatan itu sebagai sebuah jembatan keberanian. Hahahhaa... ^^,
Stelah bercapek-capek ria maen-maen di laut, kami kembali lagi ke basecamp! Bersih-bersih badan sekalian masak buat makan siang! Menu siang itu nasi air laut sama sarden, komentar tentang makanannya tetap sama yaitu ENAAAAKKK!!! Mantap lah pokoknyaa...soalnya laper sih! Setalah makan, anak-anak cowok memutuskan untuk tidur di depan polsek dibawah pohon rindang sedangkan aku sama Rista mencatat keuangan yang dikeluarkan selama perjalanan. Ngeliatin para anak cowok tidur beralaskan sleeping bag itu berasa kayak ngeliatin ikan asin di jemur! Wkwkwkwk...lucu sampai tiap ada orang lewat pada ngeliatin trus komentar. Disitu pula anak-anak cowok menjalankan sholat Ashar berjamaah, subhanallah banget yak! :D
Sholat Ashar Berjamaah...
Ikan Teri Dijemur (dari kanan ke kiri: Pras, Jarot, Isma, Udin)
Sore itu kami memutuskan untuk jalan-jalan lagi menuju ke arah jembatan tapi belok dikit buat liat sunset sambil terus gencar mengabadikannya di dalam bidikan kamera.
Sunset Sore Itu :)
Sunset Dalam Genggaman
Tapi sebelum hari itu gelap, kami harus kembali ke basecamp dan mengangkut barang-barang kami keluar untuk mendirikan tenda, ya...malam itu kami berencana untuk tidur di tenda. Usai mendirikan tenda yang nggak lebih dari 10 menit, kami mulai memasak. Masakan malam ini adalah mie jagung manis campur sarden. Rencananya sih kita pengen bakar-bakar jagung, tapi nggak jadi soalnya takut ntar kurang. Rasanya nikmaaatttt bangeeeettt...tapi mulut capek buat ngunyah! Perut kenyang dan dilanjutkan tidur, merebahkan diri beristirahat untuk kepulangan kita besok kembali ke Jakarta...
*Semua jepretan diambil pake kamera HP LG-GW300 (sorry hasil kurang memuaskan) ^,^